Menginstal R Package

Salah satu kenapa R menjadi sangat popular adalah ketersediaan paket/packages (kumpulan fungsi, data dan kode) R. Hingga hari ini, ada lebih dari 6 ribu paket R ada di repository CRAN. Belum termasuk paket yang disediakan sumber lain. Jumlah paket tersebut terus tumbuh dari hari-ke-hari secara eksponensial.

Pada saat instal R untuk pertama kali, hanya beberapa paket yang ikut terinstal secara otomatis. Sementara paket lainnya harus kita instal secara manual untuk bisa digunakan.

Menginstal R package dari lokal

  • Dari halaman CRAN, pilih paket yang diinginkan, misalnya paket car
  • Download package source (file .zip). Dalam contoh ini adalah file “car_2.0-22.zip”.
  • Pada RGUI, Klik menu Packages, lalu pilih Install package(s) from local zip files...
  • Pilih file .zip yang telah kita download
  • Jika berhasil, R console akan memberi pesan package 'car' successfully unpacked and MD5 sums checked.

Menginstal R package langsung dari CRAN repository

Ketika sedang terhubung dengan internet, menginstal paket dapat langsung dilakukan dari CRAN repository. Caranya sangat sederhanya, yaitu dengan menggunakan fungsi :

install.packages(pkgs)

pkgs adalah nama paket yang akan diinstal, bisa satu atau lebih (nama paket bersifat case-sensitive). Misalnya untuk menginstal paket car, jalankan perintah berikut pada R console :

install.packages("car")

Lalu pilih CRAN mirror, misalnya “Indonesia (Jakarta)”. Sama seperti menginstal paket dari file lokal, akan muncul pesan package 'car' successfully unpacked and MD5 sums checked pada R console.

Untuk menginstal dua atau lebih paket dalam satu perintah, misalnya paket car dan ggplot2, modifikasi fungsi install.packages() menjadi :

install.packages(c("car", "ggplot2"))

Kadang kala, paket yang kita instal mempunyai ketergantungan (misalnya memanggil fungsi) terhadap paket lain. Tentu saja paket lain tersebut harus kita instal. Dengan menambahkan opsi dependencies = TRUE pada fungsi install.packages() maka R akan menginstal semua paket yang dibutuhkan. (KOREKSI dari Mas Suharto pada comment di bawah, bahwa “Secara default, tanpa dependencies=TRUE, install.packages juga meng-install paket lain yang dibutuhkan. Namun, paket yang termasuk “Suggests” (artinya paket itu digunakan, tetapi tanpa paket itu pun bisa jalan) tidak ikut di-install”).

install.packages(c("car", "ggplot2"), dependencies=TRUE)

Pada R console akan muncul info : also installing the dependencies ‘effects’, ‘minqa’, ‘nloptr’, .....

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, load (muat) paket ke dalam R session dengan fungsi library(), misalnya :

library(car)

Dan …. paket car siap digunakan. Sangat mudah bukan ?

Menginstal R package dari GitHub

Selain dari CRAN, kita juga bisa menginstal paket (pada umumnya versi developer) dari GitHub menggunakan fungsi install_github(). Fungsi tersebut ada pada paket devtools. Berikut tahapan instal paket dari GitHub:

  • Instal paket devtools dari CRAN (jika belum terinstal), dan load ke dalam R session

    install.packages("devtools")
    library(devtools)
    
  • Jalankan perintah install_github(package, username) atau install_github(username/package) di mana package adalah nama paket dan username adalah user name. Misalnya :

    install_github("wch/ggplot2")
    

    Atau

    install_github("ggplot2", "wch")
    

    Atau, untuk instal banyak paket sekaligus

    install_github(c("geoffjentry/twitteR", "wch/ggplot2"))
    

Selamat mencoba … :)