Mengelola R Package

Pada artikel sebelumnya kita telah berdiskusi tentang fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk instal R package, baik instal dari dari file lokal menggunakan wizard, instal otomatis dari repositori CRAN dengan fungsi install.packages() maupun instal dari GitHub menggunakan fungsi install_github() dari package devtools.

Setelah package terinstal, biasanya kita berkeinginan untuk mengelola R packages tersebut, misalnya untuk melihat package apa saja yang sudah diinstal, memeriksa apakan suatu package sudah terinstal, meng-uninstall package dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa fungsi untuk mengelola R package yang saya kutip dari R FAQ ini.

Memeriksa package apa saja yang sudah terinstal

Untuk melihat daftar package yang sudah terinstal gunakan fungsi installed.packages(). Fungsi tersebut menghasilkan sebuah matriks yang merinci package apa saja yang sudah terinstal pada R. Informasi yang terdapat pada matriks itu antara lain:

  • Package, nama package yang terinstal
  • LibPath, library/folder di mana package terinstal
  • Version, versi dari package
  • Depends, dependencies

Gunakan fungsi colnames() untuk menampilkan semua nama kolom dan nrow() untuk mengetahui jumlah package yang terinstal.

x = installed.packages()
colnames(x)
nrow(x)

Memeriksa apakah suatu package telah terinstal

Terkadang kita ingin mengetahui apakah suatu package, misalnya twitteR, telah terinstal atau belum. Fungsi is.element() dapat digunakan untuk tujuan tersebut.

is.element("twitteR", x[,1])

di mana x adalah output dari fungsi installed.packages(). Jika sudah terinstal, R console akan menjawab TRUE.

Mengetahui package apa saja yang tersedia

Fungsi available.packages() menampilkan package apa saja yang tersedia. Fungsi tersebut menghasilkan sebuah matriks yang merinci semua package yang dapat kita instal dari repositori CRAN, dilengkapi dengan informasi pendukung seperti version, depends, dan lain-lain. Sesaat setelah saya jalankan fungsi berikut

nrow(available.packages())

R console menampilkan angka 6147. Artinya, tersedia lebih dari 6 ribu package di repositori CRAN yang dapat kita download/instal. Fantastis.

Menghapus package dari library

Berkebalikan dengan install.packages(), fungsi remove.packages() berguna untuk menghapus (meng-uninstall) package dari library.

Menampilkan informasi tentang suatu package

Dokumentasi tentang sebuah package yang sudah terinstal dapat ditampilkan dengan fungsi help(). Misalnya:

help(package="twitteR")

akan menampilan deskripsi serta fungsi dan data yang tersedia pada package twitteR.


Ada fungsi lain yang terlewatkan? Yuk, kita diskusikan :)