Ekspor Data R ke Text File

Beberapa waktu lalu, di kolom komentar dalam blog ini, ada yang nanya bagaimana caranya ekspor data dari R ke file CSV (comma separated values). Oke, di sini akan saya jelaskan.

Ekspor data dari R ke file teks (seperti CSV, tab separated value, dan lain-lain) sangatlah mudah. Ada beberapa fungsi yang biasa saya gunakan, di antaranya write.csv() dan write.table. Keduanya ada pada package base utils yang merupakan package base (bawaan) sehingga kita tidak perlu repot-repot menginstal package tambahan. Mari kita lihat satu per satu.

Fungsi write.csv()

Digunakan untuk ekspor (menulis) data frame atau matrix ke file teks dengan format comma separated value. Maksudnya, setiap kolom dalam file ini dipisahkan oleh koma. Misalnya, kita akan mengekspor data frame mydf ke file myfile.csv, maka kita bisa gunakan fungsi sebagai berikut:

write.csv(mydf, file="myfile.csv")

Secara default, write.csv akan menambahkan row.names pada kolom pertama. Jika tidak diperlukan, kita dapat tambahkan parameter row.names=FALSE ke dalam fungsi di atas, sehingga menjadi:

write.csv(mydf, file="myfile.csv", row.names=FALSE)

Ada banyak parameter yang bisa digunakan. Silakan jalankan ?write.csv pada R console. :)

Fungsi write.table()

Dalam hal kegunaan dan cara menggunakannya, fungsi ini hampir sama seperti write.csv(). Hanya saja pemisah kolom yang digunakan pada write.table() secara default adalah tab spasi. Dibandingkan dengan write.csv(), fungsi write.table() mempunyai banyak parameter. Saya biasanya menggunakan fungsi ini saat akan menambahkan baris-baris data baru ke file yang sudah ada (append), dengan menambahkan parameter append=TRUE.

Bagaimana, mudah bukan …?

Jika ada yang kesulitan, mari kita diskusikan bersama :)